Senin, 29 November 2010

Peranan IT dalam penanggulangan bencana

Baru-baru ini banyak bencana yang terjadi pada negeri tercinta kita ini. Bencana datang silih berganti, dari Tsunami di kep. Mentawai, gunung meletus di Jogja, sampai bencana air bah di wasior, papua. Kita semua turut berduka cita atas bencana yang terjadi.

Didalam bencana ini teknologi informasi juga sangat berperan penting, diantaranya sebagai media penyampai berita kepada seluruh warga masyarakat. Selain itu teknologi informasi juga berperan menyediakan sistem untuk memberi tahu bla akan datang bencana seperti tsunami dan gempa bumi. sistem ini dinamakan early warning system. Sistem ini sebenarnya sangat membantu warga bila akan terjadi bencana, tapi sangat disayangkan, teknologi ini masih terbatas jumlahnya. 

Sistem ini dirancang untuk memberikan informasi sedini mungkin sebelum tsunami terjadi. Sistem ini bekerja bila ada gempa di dalam laut dan merekam sebarapa besar gempa yang terjadi, lalu mengirimkannya ke pusat. Kemudian dari pusat akan memberika informasi ini kepada warga agar warga dapat mngungsi ke tempat yang lebih aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar