Rabu, 17 Februari 2010

PROSPEK USAHA PERCETAKAN


Prospek usaha percetakan saat ini sangat bagus.contohnya adalah usaha bapak hermawan. Kebutuhan manusia akan barang cetakan masih cukup tinggi dan relatif stabil dimana permintaan berasal dari perusahaan sampai perorangan. Hanya dengan modal kurang lebih 13 juta , keuntungan nya sangat menggiurkan.

Disini saya mengamati usaha percetakan bapak Hermawan. Beliau memiliki sebuah usaha percetakan yang terletak di Jakarta, tepatnya di daerah senen. Kira - kira beliau sudah 6 tahun membuka usaha ini. Pertama beliau membuka usaha ini, hanya usaha kecil - kecilan dan membika usaha ini di rumah. Berkat kerja keras beliau akhirnya beliau bisa sukses. Sekarang beliau sudah punya kios sendiri dan lima orang karyawan.

Cara kerja percetakan sangat sederhana, beliau tinggal menyodorkan desain cetakannya kepada kliennya serta menyodorkan kertas apa yang diminta kliennya. Lantas, untuk film cetakan dibuat di tempat lain dengan sistem rekanan. Terakhir, kertas dicetak di rekanan cetak. Dengan cara kerja seperti itu, beliau bisa menghemat ongkos produksi serta tetap mampu menggaji lima karyawannya. Serta, mampu berbagi rejeki dengan rekanan-rekanannya. Untuk cetak poster warna, sekali pesan minimal 500 lembar poster. Harganya dipatok Rp 3500 per lembar A3. Dari cetak poster, kita mendapat keuntungan Rp 2500 per lembar.

Untuk undangan, pemesanan minimal 150 lembar. Harganya mulai dari Rp 1000 sampai Rp 15.000 per lembar. Sementara untuk buku katalog atau brosur, harganya Rp 12.500 per 30 lembar ukuran separuh A4. Minimal ordernya 500 buku. Dari buku dan undangan, maka beliau akan mendapat margin sekitar 30%. Apalagi usaha percetakan akan 'panen raya' pada masa kampanye, karena banyaknya atribut partai maupun caleg yang diperlukan. Usaha ini memang relatif mudah, dan banyak mahasiswa yang menggeluti usaha ini tumbuh dan berkembang.

BISNIS USAHA PERCETAKAN TIDAK AKAN PERNAH MATI...!!! Bisnis percetakan selalu ada sepanjang umat manusia masih mau melakukan transaksi ekonomi. JANGAN TAKUT & KUATIR bila ingin memulai usaha percetakan ini,walaupun anda membukanya bersebelahan dengan percetakan yang sudah eksis terlebih dulu. TIDAK ADA persaingan yang MEMATIKAN antar sesama pelaku usaha percetakan. Malah bisa saling melempar order cetak ke sesama pemain. Harap anda pandai2 saja membaca dan mencermati peluang yang ada dan banyak dibutuhkan oleh konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar